Ekonomi di seluruh dunia belum sepenuhnya kembali pulih, bahkan di tahun 2023 ini prediksi resesi kembali muncul. Beberapa riset menyatakan bahwa ekonomi belum stabil sehingga resesi bisa terjadi kapan saja di tahun ini. Mendengar hal ini banyak perusahaan terus berupaya untuk lolos dan bisa menghadapi resesi.
Termasuk IDN Media yang sudah berdiri sejak tahun 2014. Perusahaan bergerak di bidang media ini berupaya untuk menciptakan inovasi dan terobosan baru mengikuti perkembangan generasi milenial dan Gen Z sebagai konsumen utamanya. Seperti apa strateginya di tahun 2023, cek sekarang.
- Terus Berkembang sebagai Media Platform Berbasis Teknologi
Sampai saat ini IDN Media telah berhasil memiliki Monthly Active Users hingga 80 juta lebih. Rata-rata pengguna adalah kaum Milenial dan Gen Z yang memang merupakan target utama. Semua itu juga berkat berbagai macam unit bisnis yang bergerak di bawah empat kategori utama.
Pertama, content platform yaitu IDN sendiri. Kedua adalah digital media yang terbagi menjadi Popbela.com, IDN Times, Duniaku.com, Yummy, GGWP.ID, dan FORTUNE Indonesia. Ketiga adalah bidang komersial yaitu IDN Creative, IDN Programmatic OOH dan IDN Event. Terakhir bidang hiburan yaitu IDN Pictures dan JKT 48.
- Memperhatikan Fundamental Bisnis agar Lebih Kuat
IDN Media percaya bahwa fundamental bisnis yang kuat adalah cara terbaik untuk bisa menghadapi faktor eksternal seperti masalah resesi. Kepercayaan ini didapatkan karena pengalaman-pengalaman di tahun 2022. Meskipun dengan berbagai cara IDN Media tetap berhasil menyuguhkan berbagai inovasi.
Fundamental bisnis yang kuat menjadi komitmen terbesar IDN Media menghadapi tahun 2023. Di mana dengan hal tersebut bisa memberikan nilai tambah untuk semua stakeholders IDN Media. Demi mencapai hal itu maka IDN Media terus memberikan konten hiburan atau berita melalui kategori bisnis yang tadi telah disebutkan.
- Berkiprah ke Media Live Streaming
Sebagai persiapan menghadapi 2023 melalui IDN Research Institute, IDN Media telah melakukan riset untuk mengetahui apa format konten yang paling banyak disukai. Menurut hasil riset Indonesia Gen-Z Report 2022 yang dilakukan IDN Research Institute, Gen Z menyukai konten live streaming yang menduduki peringkat kedua setelah konten video sebesar 75%.
Menilik dari hal itu maka IDN Media pun bergerak dengan meluncurkan platform live streaming melalui IDN Live. Ada banyak hal yang bisa didapatkan pengguna mulai dari UGC feature yang merupakan fitur untuk live streaming sehingga siapa saja bisa menjadi streamer.
Ada juga fitur redemption yang merupakan fitur untuk para streamer bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Inovasi yang dilakukan IDN Media ini pun diharapkan supaya bisa memenuhi kebutuhan generasi Milenial dan juga Gen Z.
- Fokus padaIndonesia Creator Economy (ICE)
Inovasi lain yang juga dilakukan ada pada kategori komersial di IDN Media yakni melalui ICE. ICE adalah kreator terbesar yang ada di Indonesia, di mana para konten kreator bisa menggunakannya sebagai media untuk marketing dirinya, trading dengan klien, representasi hingga mempermudah dalam hal keuangan.
ICE juga bisa digunakan untuk mengembangkan sebuah brand dan produk. Ke depannya, di tahun 2023 IDN Media akan merilis platform berupa website yang membantu konten kreator bisa berkolaborasi dengan mudah bersama brand.
- Optimis untuk Tumbuh dan Berkembang di Tahun 2023
Tidak kalah penting dari empat langkah bisnis di atas, IDN Media juga tetap optimis untuk memproyeksikan rencananya di tahun 2023. Apalagi menurut survei dari Bloomberg Indonesia masuk salah satu negara dengan risiko resesi cukup rendah.
Namun IDN Media lantas tidak mengambil langkah sembarangan, tetap dalam jalur yang hati-hati. Mengingat masalah ekonomi bisa saja terjadi tiba-tiba, sehingga banyak perusahaan yang mengurangi biaya operasional melalui pemasarannya. Hal ini akan berdampak besar bagi perusahaan bidang media seperti IDN Media.
Sambil tetap optimis, ID Media akan terus melakukan proyeksi dan analisis dalam setiap langkahnya. Sehingga perusahaan bisa tetap terus bertumbuh, berkembang dan mampu menghadirkan berbagai konten positif bagi masyarakat Indonesia.
Dampaknya juga akan baik bagi stakeholder di tahun 2023 ini. Sehingga visi IDN Media untuk mendemokratisasi informasi bagi masyarakat Indonesia bisa tercapai.
Semoga kita semua mampu melewati tahun 2023 dengan baik ya
Mantap, IDN terus mengikuti perkembangan kebutuhan generasi terkini, smoga makin byk inovasi lainnya
Yuk, para content creator bisa dapat job dari ICE nih apalagi yg followernya berpuluh ribu..
Emang ya, pr Otimis gak cuma buat IDN aja buat ngadepin 2023. Tapi juga FLP dan anggotanya.
Menjadi kesemptan bagus nih buat para content creator buat live streaming di IDN Live
memang ada banyak waswas ya yang hadir seputar prediksi resesi 2023 ini. tak hanya IDN Media namun setiap pengusaha juga harus sudah memiliki rencana ya untuk menghadapi tahun 2023