Mengajak anak-anak berenang saat pandemi harus mencari tempat renang yang aman dan nyaman. Yang sekiranya menghindari kerumunan. Rekomendasi tempat renang asyik di Malang yaitu kolam renang Milkindo. Berenang di Milkindo memang sudah menjadi daftar tempat wisata Malang yang ingin saya kunjungi sejak dibukanya kolam renang Milkindo. Namun baru kesampaian berenang di Milkindo baru akhir tahun 2021.

Sebenarnya saya sendiri pergi ke wisata edukasi Milkindo ini sudah ketiga kalinya. Oiya saya sudah ceritakan saat saya pergi wisata Milkindo Malang di tahun 2019. Bedanya kalau dulu belum ada kolam renangnya.

Berenang Aman Saat Pandemi

Kolam renang Milkindo adalah salah satu kolam renang Malang yang buka saat pandemi. Mencari kolam renang aman saat pandemi memang tidak mudah. Ada beberapa hal yang saya sarankan agar berenang aman di kolam renang umum saat pandemi Covid-19.

#1 Cari informasi

Pertama, saya harus tahu jadwal buka Milkindo Kepanjen. Untuk jadwal buka Milkindo ini yaitu dari Senin sampai Ahad (Minggu) jam 08.00 -16.00. Biasanya saat weekend, tempat wisata Milkindo akan ramai dikunjungi orang. Jadi saya memutuskan pergi berenang saat weekdays. Kebetulan tugas suami juga sudah kelar. Saya ajak anak-anak, adik ipar dan keponakan pergi ke kolam renang Milkindo.

Kita juga harus mencari tahu dari internet bagaimana kondisi tempat renang yang akan dikunjungi. Apakah tempatnya luas untuk tempat berteduh, makan dan menunggu anak berenang? Karena kalau tempatnya terbatas kemungkinan kita kesulitan menjaga jarak dengan pengunjung lain.

#2 Bawa Handsanitizer

Handsanitizer merupakan cairan pembersih tangan yang jangan sampai lupa dibawa untuk mencegah bakteri yang menempel di kulit.

#3 Bawa air minum tanpa merk

Peraturan di Milkindo melarang kita untuk membawa makanan dan minuman bermerk dari luar. Jadi memang konsepnya harus makan di tempat makan di Milkindo yang sudah disediakan. Kalau saya cukup bawa minum air putih di tumbler atau botol yang besar.

#4 Bawa bukti vaksin atau tunjukkan PeduliLindungi

Di bagian pintu masuk, petugas Milkindo akan melakukan pemeriksaan bukti vaksin dengan aplikasi PeduliLindungi bagi pengunjung yang sudah membeli tiket. Nah, agak riweuh kalau misal lagi antri masuk terus aplikasinya loading dan eror (entah karena bawaan HP) jadi memperlambat prosesnya. Padahal anak-anak sudah tidak sabar mau berenang. Kasihan kan kalau disuruh pulang. 

#5 Bawa peralatan mandi sendiri

Jangan lupa bawa handuk, sabun, sampo sendiri ya untuk meminimalisir meminjam dari orang lain. Dan nggak mungkin juga kan pulang ke rumah cuma bilas badan saja, nggak disabunin. Masak badan kotor dibawa pulang ke rumah? ☺

#6 Cari tempat duduk yang berjauhan

Karena tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar, mau tidak mau kita harus membeli makan di Milkindo maka kita harus mencari tempat duduk yang berjauhan dengan pengunjung lain. Eh, kalau kalian nggak mau beli makan di Milkindo karena meminimalisir membuka masker di tempat, coba datang pagi-pagi saat baru buka dan pulang sekitar jam 10. Jadi kalian bisa makan di rumah masing-masing saat jam makan siang. Itu pun kalau nggak lapar setelah berenang. Biasanya sih pasti lapar kan. Atau beli makan di Milkindo tapi saat buka masker untuk makan cari tempat yang jauh dari orang. 

#7 Jaga jarak 

Kita orang dewasa mungkin bisa mengatur jarak kita dengan pengunjung lain saat berenang. Tapi bagaimana dengan anak kecil? Kita tidak bisa mengatur mereka untuk jauh-jauh dari pengunjung lain. Dan nggak mungkin juga suruh pakai masker saat berenang. Makanya salah satu cara yang bisa adalah mengatur waktu kunjungan ke kolam renang Milkindo. Di awal jadwal buka Milkindo biasanya masih sepi. Pengalaman saya ketika sampai sana jam 10 sudah ramai. Justru ketika jam mau tutup, pengunjung sepi apalagi di musim hujan. Orang-orang berpikir bahwa sore biasanya turun hujan jadi mereka akan datang awal untuk berenang.

Harga Tiket

Harga tiket masuk Milkindo Kepanjen terbaru tahun 2021 ini adalah 25.000 sudah termasuk tiket masuk ke wisata edukasi Milkindo dan juga tiket berenang Milkindo. Saya lupa tepatnya berapa. Kalau nggak salah Rp.10.000 untuk tiket masuk Milkindo dan 15.000 untuk tiket berenang Milkindo. Atau justru sebaliknya.

Harga tiket Milkindo ini bisa dibilang murah untuk jenis kolam renang waterboom sederhana. Belum lagi, pengunjung dapat sebotol susu murni gratis dari hasil peternakan sapi Milkindo. Makanya jangan heran kalau salah satu kolam renang anak murah di Malang ini menjadi daya tarik pengunjung dari semua kalangan kelas ekonomi hingga membuat kolam renang bisa penuh saat weekend. 

Kalau kalian mau cari tiket berenang murah Malang untuk anak-anak bisa datang ke kolam renang Milkindo. Eh, tapi ada juga kok kolam renang untuk dewasa. Hanya saja tingginya sekitar dada orang dewasa dan tidak luas.

Kolam renang Milkindo

Di pintu masuk kolam renang juga ada counter penjual tiket berenang. Jadi kita bisa beli tiket masuk dan tiket berenang sekaligus saat di dekat pintu kedatangan Milkindo atau beli tiket berenang sebelum masuk kolam renang. 

Petugas kolam renang akan memeriksa tiket masing-masing pengunjung. Kemudian petugas akan mempersilakan kita masuk melewati pintu tiket.

Saya suka dengan layout kolam renang Milkindo yang moderen. Di bagian pinggir kolam renang banyak gazebo untuk tempat menunggu dan menaruh barang.

Kolam renang Milkindo ada tiga tingkat kedalaman.

Tingkat kedalaman pertama yang digunakan untuk anak-anak dari usia 1 tahun (atau bahkan bayi yang didampingi orang tua) dengan fasilitas waterboom sederhana, perosotan dari yang tinggi hingga yang rendah, air mancur dan lain-lain. Kedalaman airnya paling dalam hanya setinggi lutut anak-anak.

Tingkat kedalaman kedua bisa digunakan untuk anak-anak usia SD dan dewasa karena tingginya bisa sampai setinggi dada anak. Ada gelembung-gelembung airnya. 

Tingkat kedalaman ketiga digunakan untuk anak-anak usia SD kelas 3 ke atas yang lebih dalam daripada tingkatan kedua. Di kolam ketiga ini jarang orang berenang karena yang banyak di kolam pertama dan kedua. Nggak banyak ya pengunjung dewasa yang ikut berenang.

Oiya, ada bantal-bantal yang bisa buat ditiduri di atasnya juga loh tapi ukurannya sepertinya cocok untuk anak kecil. Hehe.

Tempat Makan Milkindo

Wisata edukasi Milkindo juga menyediakan tempat makan untuk pengunjungnya. Awalnya saya Cuma tahu pujasera di kolam renangnya ternyata ada warung lagi di sebelahnya. 

Makanan yang dijual di Milkindo ini bermacam-macam. Kalau di oujasera Milkindo di kolam renangnya, makanan yang dijual seperti bakso, sosis bakar, kentang goreng, burger, minuman seperti matcha milk, strawberry milk dll. Saya kira nggak ada yang menjual nasi ternyata di warung sebelahnya menjual aneka macam makanan warung yang pakai nasi. 

Selain di dekat kolam renang, ada juga tempat makan di Milkindo di dekat wahana kereta.

Harga menu makanan dan minuman yang dijual di Milkindo juga masih batas wajar. Tidak mahal dan tidak murah. 

Fasilitas Wisata Edukasi Milkindo

Dari tiket yang kita dapat, kita sudah mendapat susu gratis dan mengunjungi tempat wisata edukasi Milkindo lainnya seperti melihat sapi, dan beberapa hewan lain seperti angsa, domba dan lain-lain. Wisata edukasi Milkindo ini dilengkapi dengan penjelasan di setiap kandang hewan yang ada sehingga orang tua harus aktif menjelaskan kepada anak-anak. Anak-anak juga bisa bebas bermain di tempat bermain seperti perosotan.

Sedangkan kalau mau naik kuda, kereta, mobil keliling dan wahana lainnya harus membeli tiket lagi. Harganya berbeda-beda.

Penutup

Kalian yang cari wisata di Kepanjen ini bisa pergi ke wisata Milkindo Malang dan bisa merasakan kolam renang Milkindo. Yang pasti, kolam renang Milkindo menjadi kolam renang aman saat Covid-19 ketika kalian menerapkan protokol kesehatan dan melakukan cara cerdas kalian sendiri untuk menghindari tertularnya virus Covid-19. Semoga kita selalu sehat-sehat ya. Aamiin. (Lita Lestianti)